Minggu, 26 Juni 2016

Seputar Pupuk Organik















KANDUNGAN UNSUR HARA MOL
MOL bonggol pisang mengandung Zat Pengatur Tumbuh Giberellin dan Sitokinin. Selain itu dalam mol bonggol pisang tersebut juga mengandung 7 mikroorganisme yang sangat berguna bagi tanaman yaitu  : Azospirillium, Azotobacter, Bacillus, Aeromonas, Aspergillus, mikroba pelarut phospat dan mikroba selulotik.
Berdasarkan beberapa hasil riset tentang gedebog ( batang pisang ) dan bonggol pisang telah menunjukkan bahwa ekstrak gedebog pisang diketahui mempunyai kandungan kimiawi antara lain  : Tannin , Saponin dan flavonoid . Unsur atau zat Saponin termasuk glikosida terdistribusi di hampir keseluruhan tumbuh-tumbuhan dan biasanya saponin memiliki sifat sangat iritan bagi mukosa tubuh. Berdasarkan penelitian telah di ketahui juga Saponin memiliki aktivitas antiseptik juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh ternak (Anonim, 2005). Sehingga gedebog pisang juga sangat sesuai untuk diolah menjadi pakan ternak.

Pemanfaatan Gedebog Pisang Sebagai Pengganti Urea

Pemanfaatan gedebog pisang biasanya dicampur dengan tumbuhan lain merupakan alternatif pengganti pupuk urea, tanaman yang paling sesuai dijadikan campuran adalah rebung bambu. Berdasarkan penelitian dan uji coba pembuatan MOL (mikroorganisme lokal) telah diketahui REBUNG mempunyai kandungan zat pertumbuhan yang bagus. Rebung bambu memiliki kecepatan pertumbuhan 30 cm hingga 120 cm dalam 24 jam. Manfaat batang pisang yang telah direbus dengan rebung bambu dan di tambah garam dapur (NaCl ) yang mempunyai fungsi untuk mengeluarkan aroma air kencing / urine telah di ketahui mengandung ammonia yang berasal dari protein. Beberapa senyawa yang terdapat pada gedebog pisang seperti: tannin , saponin dan flavanoid , tannin merupakan astringen yang sangat baik sebagai pengikat koloid atau sebagai reducer protein dan berbagai jenis zat organik lainnya, meliputi asam amino & alkaloid yang terdapat pada rebung.


POC

1 - Limbah dapur Air Cucian Beras  , Air Cucian Ikan dll.
2 - Bonggol pisang / batang ( 
gedebog ) pisang.
3 - Rebung Bambu.
4 - Isi 
rumen sapi , kerbau , kambing dll.
5 - Dedak / Katul .
6 - Molases (tetes tebu ) , Gula pasir atau gula merah .
7 - Jus Buah ( Buah-buahan yang telah busuk lebih baik ) Nanas , Pepaya dll.
8 - 
Air Kelapa
9 - Dekomposer ( Mikroba Pengurai ) atau starter 
SOT , EM4 dll.
10 - Air Kencing / Urin 
Sapi , kambing , domba
 dll.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar