Selasa, 12 April 2016

MERAMU PUPUK NPK ORGANIK

 Cara membuat NPK organik sangat mudah. Pupuk N (nitrogen) misalnya menggunakan bahan yang dapat ditemukan di sekitar kebun. Pupuk N dibuat dengan meramu :
1. Akar kacang tanah,
2. Jerami,
3. Daun salam,
4. Daun sirsak,
5. Air kelapa,
6. Tetes tebu (Gula),
7. Urine sapi, dan
8. Mikroba cair.
Bahan yang tidak ada dilewati saja, jangan dipaksa :D. Dengan  metode fermentasi an-aerob bahan-bahan di atas dicacah kecil dan dimasukkan dalam sebuah wadah untuk kemudian ditutup rapat. Jangan lupa menambahkan mikroba untuk mempercepat prosesnya.

Mikroba kalau mau beli pakai EM4. Kalau tidak mau membeli alam telah menyediakan mikroba alami dan kita tinggal mengembangkannya. Ramu saja air kumur anda di pagi hari, dicampur leri (air cucian beras), jeroan usus ternak ditambah tetes tebu (Gula Pasir). Simpan dan jaga kelembapannya, jadilah mikroba buatan.

Proses yang sama juga terjadi dengan Phospor dan Kalium. Membuat Phospor cair lebih mudah lagi. Ramu saja batang pisang yang dipotong melintang dan tetes tebu. Sementara Kalium hanya dengan  serbuk sabut kelapa dan air. Tempatkan dalam wadah dan tutup rapat. Buat saluran udara menggunakan selang dan masukkan ujungnya dalam borol air. Dengan hanya menunggu 2 -3 minggu jadilah pupuk cair NPK.

 Penggunaannya pun mudah pupuk cair NPK buatan sendiri dicampur dan ditambah air. Perbandingannya 1:14 liter. Semprot tanaman pertanian pagi pukul 9-10 atau sore pukul 16-17 disisi  bawah daun. Hebat kan. Maka jangan sepelekan sampah dan daun daunan disekitar kita.

Sumber Utama: https://jogjacreative.wordpress.com/2008/08/16/meramu-pupuk-npk-organik-semudah-memyeduh-teh/. Dengan beberapa perubahan.

Untuk versi lengkap silahkan dibuka : http://hendra-nugroho-artikel.blogspot.co.id/2014/10/pupuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar